KONSEP DAN APLIKASI E-COMMERCE




E-commerce merupakan jual beli yang dilakukan secara online. E-commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa indonesia Perdagangan Secara Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya. Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik

Menurut Eka Noviansyah (2008: 4) Aplikasi adalah penggunaan dan penerapan suatu konsep yang menjadi suatu pokok pembahasan. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat untuk menolong manusia dalam melakukan tugas tertentu.

Karakteristik E-commerce :

Menurut Tjiptono dan Chandra (2005) dalam Mulyawan & Sidharta (2014) terdapat empat karakteristik jasa dalam paradigma IHIP yaitu Intangibility, Heterogeneity, Inseparability, dan Perishability yang dapat diterapkan sebagai karakteristik e-commerce yaitu sebagai berikut :

1.   Intangible

Intangible adalah karakteristik jasa dunia maya, tidak bisa dilihat bagaimana bentuknya dan lebih bersifat abstrak. Hal ini berarti bahwa jasa internet bisa memiliki kemampuan untuk mendeferensikan produknya sehingga berbeda dengan yang lain.

2.      Heterogenity

Service jasa biasanya memiliki ketidak standaran dalam proses pelayanan terhadap para pelanggannya. Akan tetapi pada kenyataanya dalam jasa situs internet ini, yang kita dapati adalah keseimbangan dalam pelayanan terhadap semua pelanggan karena berbasis pada alat-alat teknologi yang memiliki kecanggihan yang tinggi.

3.      Inseparability

Jasa biasanya dikonsumsi dan diproduksi dengan waktu yang sama dimana partisipasi pelanggan ada dalam proses penyampaiannya. Demikian juga pada waktu menggunakan jasa internet tertentu

4.      Perishability

Sangat tidak memungkinkan untuk  enyimpan jasa tersebut sebagai inventory. Jika dunia tersebut tidak terlihat, tentu saja mustahil untuk menyimpannya dalam Gudang, kecuali jika Gudang yang dimaksud adalah Gudang maya yang berupa inbox atau harddisk.

Jenis-jenis E-commerce

1.      Business to Business

Merupakan transaksi dimana produk suatu perusahaan akan khusus dijual kepada pelanggan yang juga berbentuk perusahaan

2.      Business to Consumer

Produk atau jasa yang dijual dari perusahaan ke konsumen perorangan, layaknya toko ritel yang memiliki produk eceran untuk dijual. Yang membedakan dengan toko ritel konvensional adalah proses transaksi yang sebelumnya dilakukan secara online

3.      Consumer to Consumer

Jenis e-commerce yang meliputi setiap transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform atau website jual beli. Platform tersebut berfungsi secagai perantara dimana penjual dapat langsung menjual barang ke pembeli

4.      Consumer to Business

Transaksi penjualan dari konsumen ke perusahaan. Contohnya adalah konten creator yang menawarkan karya ilustrasinya kepada perusahaan tertentu

5.      Business to Government

Jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa ke lembaga pemerintah. Umumnya pihak penjual akan menawarkan berbagai jenis produk untuk operasionalisasi dan proyek pemerintah

6.      Consumer to Government

Proses transaksi elektronik yang dilakukan oleh individu kepada lembaga pemerintah, seperti pembayaran pajak atau iuran bpjs. Jenis bisnis C2G atau B2G memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan efisiensi dan memudahkan layanan pemerintahan dengan dukungan teknologi dan informasi

7.      Online to Offline

Produsen menggunakan dua saluran baik itu online maupun offline, pihak produsen akan melakukan promosi melalui jaringan online yang akan mendorong konsumen untuk berbelanja di toko offline. Selain itu jenis ini berhubungan dengan pemesanan secara online dan melakukan pengambilan barang ditoko offline

Manfaat E-commerce

1.   Manfaat bagi perusahaan

  • Memperluas jangkauan penjualan
  • Mengurangi biaya operasional

2. Manfaat bagi konsumen

  • Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam.
  • Lebih mudah memilih berbagai macam produk meski tidak datang langsung ke toko.

3. Manfaat bagi masyarakat

  • Memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar rumah untuk berbelanja.
  • Memungkinkan sejumlah barang di jual dengan harga lebih murah sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak yang pada gilirannya akan meningkatkan taraf hidup mereka.

Metode Pembayaran E-commerce

·         Pembayaran elektronik

Pembayaran dengan metode ini menggunakan internet banking, kartu kredit/debit, atau dengan uang digital yang sudah beredar seperti Go-Pay, Ovo, Link aja, Dana, Dan lainnya.

·         Pembayaran Cash On Delivery (COD)

Transaksi pembayaran dengan metode ini dilakukan secara langsung. Jadi Penjual dan Pembeli akan bertemu sesuai dengan kesepakatan ( bisa juga dengan bantuan perantara kurir ), setelah menerima barang, pembeli membayarkan uang secara tunai kepada pihak Penjual. Pembayaran menggunakan metode ini juga dapat meminimalisir terhadap penipuan secara online

·         Pembayaran lewat transfer

Pihak pembeli akan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening penjual. setelah membayar, barang baru akan dikirim oleh penjual melalui jasa pengiriman.

Demikian mengenai konsep dan aplikasi e-commerce. Kunjungi blog Tanya Yuk Channel untuk mengetahui seputar Sistem Informasi Manajemen. Temukan jawaban dari pertanyaanmu di blog Tanya Yuk Channel.

Komentar