KONSEP DAN APLIKASI E-COMMERCE
Menurut Eka Noviansyah (2008: 4) Aplikasi
adalah penggunaan dan penerapan suatu konsep yang menjadi suatu pokok
pembahasan. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat
untuk menolong manusia dalam melakukan tugas tertentu.
Karakteristik E-commerce :
Menurut Tjiptono dan Chandra (2005) dalam
Mulyawan & Sidharta (2014) terdapat empat karakteristik jasa dalam
paradigma IHIP yaitu Intangibility, Heterogeneity, Inseparability, dan Perishability
yang dapat diterapkan sebagai karakteristik e-commerce yaitu sebagai berikut :
1. Intangible
Intangible adalah karakteristik jasa dunia maya, tidak bisa dilihat
bagaimana bentuknya dan lebih bersifat abstrak. Hal ini berarti bahwa jasa
internet bisa memiliki kemampuan untuk mendeferensikan produknya sehingga
berbeda dengan yang lain.
2. Heterogenity
Service jasa biasanya memiliki ketidak standaran dalam proses pelayanan
terhadap para pelanggannya. Akan tetapi pada kenyataanya dalam jasa situs
internet ini, yang kita dapati adalah keseimbangan dalam pelayanan terhadap
semua pelanggan karena berbasis pada alat-alat teknologi yang memiliki
kecanggihan yang tinggi.
3. Inseparability
Jasa biasanya dikonsumsi dan diproduksi dengan waktu yang sama dimana partisipasi pelanggan ada dalam proses penyampaiannya. Demikian juga pada waktu menggunakan jasa internet tertentu
4. Perishability
Sangat tidak memungkinkan untuk
enyimpan jasa tersebut sebagai inventory. Jika dunia tersebut
tidak terlihat, tentu saja mustahil untuk menyimpannya dalam Gudang, kecuali
jika Gudang yang dimaksud adalah Gudang maya yang berupa inbox atau harddisk.
Jenis-jenis E-commerce
1. Business to Business
Merupakan transaksi dimana produk suatu
perusahaan akan khusus dijual kepada pelanggan yang juga berbentuk perusahaan
2. Business to Consumer
Produk atau jasa yang dijual dari perusahaan
ke konsumen perorangan, layaknya toko ritel yang memiliki produk eceran untuk
dijual. Yang membedakan dengan toko ritel konvensional adalah proses transaksi
yang sebelumnya dilakukan secara online
3. Consumer to Consumer
Jenis e-commerce yang meliputi setiap
transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini
dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform atau website jual
beli. Platform tersebut berfungsi secagai perantara dimana penjual dapat
langsung menjual barang ke pembeli
4. Consumer to Business
Transaksi penjualan dari konsumen ke
perusahaan. Contohnya adalah konten creator yang menawarkan karya ilustrasinya
kepada perusahaan tertentu
5. Business to Government
Jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa
ke lembaga pemerintah. Umumnya pihak penjual akan menawarkan berbagai jenis
produk untuk operasionalisasi dan proyek pemerintah
6. Consumer to Government
Proses transaksi elektronik yang dilakukan
oleh individu kepada lembaga pemerintah, seperti pembayaran pajak atau iuran
bpjs. Jenis bisnis C2G atau B2G memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan
efisiensi dan memudahkan layanan pemerintahan dengan dukungan teknologi dan
informasi
7. Online to Offline
Produsen menggunakan dua saluran baik itu
online maupun offline, pihak produsen akan melakukan promosi melalui jaringan
online yang akan mendorong konsumen untuk berbelanja di toko offline. Selain
itu jenis ini berhubungan dengan pemesanan secara online dan melakukan
pengambilan barang ditoko offline
Manfaat E-commerce
1. Manfaat bagi perusahaan
- Memperluas jangkauan penjualan
- Mengurangi biaya operasional
2. Manfaat bagi konsumen
- Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain
selama 24 jam.
- Lebih mudah memilih berbagai macam produk meski tidak datang langsung
ke toko.
3. Manfaat bagi masyarakat
- Memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar
rumah untuk berbelanja.
- Memungkinkan sejumlah barang di jual dengan harga lebih murah sehingga
orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak yang pada gilirannya
akan meningkatkan taraf hidup mereka.
Metode Pembayaran E-commerce
·
Pembayaran
elektronik
Pembayaran dengan metode ini menggunakan
internet banking, kartu kredit/debit, atau dengan uang digital yang sudah
beredar seperti Go-Pay, Ovo, Link aja, Dana, Dan lainnya.
·
Pembayaran Cash
On Delivery (COD)
Transaksi pembayaran dengan metode ini
dilakukan secara langsung. Jadi Penjual dan Pembeli akan bertemu sesuai dengan
kesepakatan ( bisa juga dengan bantuan perantara kurir ), setelah menerima
barang, pembeli membayarkan uang secara tunai kepada pihak Penjual. Pembayaran
menggunakan metode ini juga dapat meminimalisir terhadap penipuan secara online
·
Pembayaran
lewat transfer
Pihak pembeli akan mentransfer sejumlah uang
ke nomor rekening penjual. setelah membayar, barang baru akan dikirim oleh
penjual melalui jasa pengiriman.
Demikian mengenai konsep dan aplikasi e-commerce. Kunjungi blog Tanya Yuk Channel untuk mengetahui seputar Sistem Informasi Manajemen. Temukan jawaban dari pertanyaanmu di blog Tanya Yuk Channel.
Komentar
Posting Komentar